web widgets

Minggu, 25 November 2012

Munculnya Pesawat Ruang Angkasa Berkecepatan Tinggi


Tahukah Anda,..?

<~ MUNCULNNYA PESAWAT RUANG ANGKASA
BERKECEPATAN TINGGI ~>



Starship Enterprise. Courtesy : Paramount Pictures

Mengenai informasi ini sungguh menarik buatku,..Mau@thau,..?

Allah S.W.T berfirman dalam Q.S Ar-Rahmaan ayat 33 s/d 35,yang artinya :

“Hai jama'ah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, Maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan.Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?Kepada kamu, (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga Maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (dari padanya).”
( Ar –Rahmaan : 33 – 35)



Dalam ayat suci diatas dengan jelas diberitahukan bahwa manusia akan membuat pesawat ruang angkasa yang cepat,yang memungkinkan untuk menempuh perjalanan jutaan kilometer di ruang angkasa. Jin dapat mencapai ruang angkasa secara alamiah, tetapi manusia tidak dapat. Allah S.W.T menyebutkan tentang bangsa jin dan manusia,dan bahwa manusia akan membuat  pesawat ruang angkasa yang sangat cepat. Tetapi jin dan manusia diingatkan bahwa mereka tidak dapat melewai batas tertentu dari alam semesta ini.

Roket yang ada saat ini (dengan kecepatan kurang lebih 22 Km/detik) tidak mampu menempuh perjalanan jauh hingga beberapa bagian dalam alam semesta. Masalah utamanya adalah kecepatan roket tersebut terlalu lambat bila dibandingkan dengan kecepatan cahaya dalam ruang hampa (300.000 Km/detik). Bahkan bintang yang paling dekat jaraknya adalah bertahun-tahun cahaya. Diperlukan waktu 4,3 tahun cahaya bagi bintang terdekat – diluar matahari dan Proxima Centauri – untuk sampai ke bumi. Dengan demikian Al-Qur’an tidak membicarakan teknologi roket yang pada saat ini,tetapi tampaknya roket super cepat yang sedang dirancang oleh ilmuwan. Konsep tentang roket cepat yang telah dikemukakan tersebut menggunakan puluhan atau ratusan bom atom kecil untuk mendorong pesawat ruang angkasa.
Di tahun 1994, seseorang santis menyatakan bahwa kecepatan melebihi cahaya dimungkinkan secara teoritis. Caranya adalah dengan menggunakan “Warp Drive Engine” yakni mesin yang mempunyai kemampuan “Melengkungkan Ruang Waktu”, Space-Time Bubble. Nama saintis itu adalah Miguel Alcubierre.


Starship Enterprise / NX-01. Courtesy : Paramount Pictures



 Ini adalah pesawat awal yang menjadi Prequel Star Trek. Diluncurkan April 2151, Nx-01 menjadi pesawat luar angkasa Bumi pertama yang mempunyai kecepatan melebihi kecepatan cahaya,Warp 5, sehingga akhirnya  manusia bisa mulai menjelajah bintang-bintang. Planet Jupiter pun bisa ditempuh dari Bumi dalam waktu 10 menit.
Warp = c (kecepatan cahaya) ^3 :
*      Warp 1 = 1 kali c
*      Warp 2 = 8 kali c
*      Warp 3 = 27 kali c
*      Warp 5 = 125 kali c

 Jika sebuah ruang angkasa mendekati kecepatan cahaya dapat diciptakan,maka pesawat tersebut dapat melakukan perjalanan mengelilingi bumi menuju bintang yang paling dekat dengan sistem tata surya,Centauri,lebih dari satu dasawarsa. Semakin kita bergerak mendekati kecepatan cahaya,maka waktu akan semakin lambat (Menurut teori khusus relativitas Einstein) bagi kita berdasarkan waktu bumi. Jika suatu misi perjalanan ruang angkasa memakan waktu 15 tahun berdasarkan sudut pandang waktu bumi misalnya, maka menurut pandangan para kru yang melakukan perjalanan tersebut waktu berjalan lebih singkat jika mereka menggunakan pesawat ruang angkasa yang mendekati kecepatan cahaya. Kemudian periode waktu akan menjadi persoalan besar, setidaknya bagi para astronot yang melakukan perjalanan ke planet lain yang jauh. Dalam hal ini, Al-Qur’an dengan jelas menyatakan bahwa manusia pada akhirnya akan dapat membuat pesawat ruang angkasa yang sangat cepat tersebut. 1.400 tahun yang lalu,ketika belum terlintas dalam pikiran manusia untuk menempuh perjalanan dengan pesawat atau helikopter,Al-Qur’an eksplisit telah menjelaskan tentang diciptakannya pesawat ruang angkasa yang sangat cepat oleh manusia. Mengenai hal ini ,Allah S.W.T berfirman yang artinya :

“ Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.”
(Q.S Al-Ankabut : 49)

 Maksudnya: ayat-ayat Al Quran itu terpelihara dalam dada dengan dihapal oleh banyak kaum muslimin turun temurun dan dipahami oleh mereka, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengubahnya.


Penulis : Alan Saumulandi Rosan 




Sumber :
Buku berjudul Eistein aja Baca Qur’an,
MD.Anisur Rahman,
Hal : 67 - 70

2 komentar:

  1. di ayat tersebut dijelaskan mengenai senjata api gan

    BalasHapus
  2. Tidak,.. Ayat tersebut menjelaskan tentang tekonologi yg menerapkan hukum relativitas Einstein

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.