web widgets

Minggu, 25 November 2012

Partikel Yang Lebih Kecil dari Atom


Thaukah Anda,..?

<~Partikel yang Lebih kecil dari Atom~>

Atom Structure

Langsung saja,..disini saya akan memberikan informasi mengenai partikel yang lebih kecil dari atom. Pasti kamu sudah mengetahui bahwa benda tersusun oleh partikel-partikel zat. Partikel zat yang ukurannya paling kecil dan tidak dapat dibagi-bagi lagi disebut atom. Dalam perkembangan selanjutnya, atom ternyata masih dapat dibagi-bagi lagi.Tiap atom terdiri dari neukleon dan elektron. Dan nekleon terdiri atas proton dan neutron.



Adapun,elektron bergerak mengelilingi neukleon pada lintasnnya dan mendapat gaya tarik inti atom. Partikel yang bermuatan positif disebut proton,sedangkan partikel yang bermuatan negatif disebut elektron.
Adapun perbandingan massa ketiga unsur atom tersebut,ialah :

*      Massa proton (mp) = 1,674 x 10-27 kg,
*      Massa elektron (me) = 9,11 x 10-31 kg,
*      Massa neutron (mn) = 1,674 x 10-27 kg.

Gaya ikat inti terhadap elektron antara bahan satu dengan lain berbeda.Karena sesuatu hal,elektron dapat lepas dari lintasannya dan berpindah ke atom lain. Perpindahan elektron tersebut menyebabkan perubahan muatan suatu atom.Berdasarkan hal itu atom dikelompokkan menjadi 3 yaitu bermuatan negatif, bermuatan positif dan netral.

Atom dikatakan bermuatan negatif jika kelebihan elektron,sedangkan atom dikatakan bermuatan positif jika kekurangan elektron.Adapun,yang dikatakan atom netral jika jumlah proton dan elektronnya sama.

Perkembangan,..?

Semula atom dianggap bagian atau partikel terkecil dari suatu benda.Anggapan itu berubah ketika pada tahun 1897 M, JJ Thomson menemukan partikel yang lebih kecil dari pada atom.Partikel itu selanjutnya dikenal sebagai elektron.
Menurut Ernest Rutherford,dalam atom elektron bergerak mengelilingi neukleon yang disebut proton. Pada tahun 1932,salah seorang murid Rutherford, James Chadwick, menemukan adanya partikel lain di dalam neukleon. Partikel dikenal sebagai neutron.
Setelah tahun 1930-an,pengetahuan partikel makin berkembang. Makin banyak partikel baru yang ditemukan antara lain neutrino,muon dan pion. Pada tahun 1963, Fisikawan Amerika Murray Gell-Mann dan Georg Zweig,menyatakan gagasan berikut. Partikel-partikel elementer,seperti proton dan neutron,tersusun dari kuark dengan berbagai kombinasi.Ada 4 jenis kuark yang berbeda yaitu up,down,strange dan charmed.Ukuran kuark terdiri sekitar 1.000 kali lebih kecil dari pada proton,sedangkan muatan listriknya 1/3 atau 2/3 muatan proton.
Mengenai problematika itu,Allah S.W.T telah berfirman pada Q.S Al-Zalzalah ayat 7-Yang artinya :

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.”


Betapa agung ayat suci Al-Qur’an diatas,telah menerangkan 1400 tahun yang lalu, secara jelas mengenai partikel yang lebih kecil dari atom yang disebut dengan zarrah.







~ Penulis : Alan Saumulandi Rosan ~


Sumber :
Buku Ilmu Alam Sekitar,penerbit : CV.Putra Nugraha,hal : 113
& Buku berjudul Eistein aja Baca Qur’an,
MD.Anisur Rahman,
Hal : 54 - 56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.