web widgets

Jumat, 12 April 2013

Misteri Ruang Waktu


Tahukah Kamu,…?


Bahwa Ruang Waktu , Masih Menjadi Misteri.

Pesawat Tercepat di Masa yang Akan Datang

Kita semua pasti tahu, bahwa waktu itu mengalir dari masa lalu menuju masa depan. Waktu juga sebuah pertanda kapan kita dilahirkan, kapan ulang tahun dan kapan suatu masa muncul hingga kemudian punah.



Dan apakah kalian juga sudah tahu, mengapa menusia belum bisa menjelajahi planet di luar Tata Surya.? Salah satu kendala yang dihadapi adalah jumlah bahan bakar yang dibutuhkan sangat banyak karena jarak tempuhnya bisa bertahunan cahaya . Dalam fiksi-fiksi ilmiah perjalanan itu merupakan hal yang biasa karena pesawat yang digunakan memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Misalnya dalam film Star Trek, pesawat yang bernama Starship Enterprise mampu berjalan dengan orde kecepatan cahaya. Tahukah anda apa hubungan antara jarak dengan kecepatan cahaya ? Ini merupakan kesan yang tak masuk akal.

Langsung saja , saya ( Alan Saumulandi Rosan ) akan memberikan informasi mengenai kedua pertanyaan yang masih membingungkan kita semua. Yakni : Ruang Waktu.
Teori Fisika mengatakan bahwa waktu bersifat non absolut,  yang artinya waktu menunjukkan sesuatu yang relatif terhadap suatu acuan.

Dialah Albert Enstein,… Fisikawan termahsyur abad ke 20, yang telah memberikan kontribusi pada fisika modern yakni pencetus Teori Relativitas.
Teori Relativitas mengatakan bahwa gelombang elektromagnetik bersifat konstan, tanpa dipengaruhi oleh gerakan sang pengamat. Artinya bahwa kedua pengamat itu bergerak relatif masing-masing akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda, namun hukum fisika berbanding sama oleh keduanya.
Sebenarnya, Teori Relativitas ini dibagi menjadi 2 yakni Teori Relativitas Khusus dan Teori Relativitas Umum.
Teori Relativitas khusus ialah suatu teori yang dibuat oleh Albert Enstein pada tahun 1904 mengenai elektrodinamika benda bergerak. Dan dimuat dalam makalahnya yang berjudul “ On The Elektromagnetic of Moving Bodies “. Adapun Teori Relativitas  khusus menyatakan :


“ Jika kedua pengamat berada dalam kerangka acuan lemban dan bergerak dengan kecepatan konstan relatif terhadap pengamat lainnya, maka kedua pengamat tersebut tidak dapat melakukan percobaan untuk menentukan, apakah benda bergerak atau diam. “


Teori Relativitas Umum ialah teori yang dibuat abang Enstein pada tahun 1914 tentang gravitasi yang bukan lagi gaya. Adapun Teori Relativitas Umum menyatakan :


  “ Gravitasi bukanlah lagi gaya, akan tetapi konsekwensi antara kelengkungan kurvatur ruang dan waktu “


Contoh untuk teori relativitas khusus, ialah  ketika seorang menaiki mobil dan melihat ke objek diluar mobil yang tidak tergerai maka terlihat objek tersebut bergerak. Sementara itu bagi orang yang di luar mobil, menyatakan bahwa yang didalam mobillah yang bergerak.
Sementara itu, penjelasan yang lebih mendetail tentang waktu yang melambat, juga dipaparkan dalam teori relativitas umum. Para fisikawan menerangkan rumus ruas 3 dimensi, ternyata masih terdapat dimensi lain. Ini artinya selain dunia 3D, para fisikawan memperkenalkan 4D dengan ditambah waktu. Dengan kata lain, bisa ditebak hampir setiap di Alam Semesta ini, memiliki waktu dan ruang yang berbeda dengan bumi di tempat lain. Yang menjadi catatan adalah waktu itu juga dipengaruhi oleh gravitasi. Semakin besar gravitasi, maka semakin lambat pula berjalannya waktu.
Menurut teori ini, waktu dapat diregangkan atau dimampati pada sebuah titik tertentu dimana antara waktu ini gaya gravitasi melengkung hingga menyatu, pada akhirnya membukakan pintu baru yang disebut lorong waktu.
  Fisikawan bernama Daniel Greenberger dari City University of NewYork dan Karl Svozil dari Vienna University of Technologi Austria menunjukan sifat-sifat teori kuantum yang memastikan bahwa perjalanan waktu tidak dapat mengubah keadaan saat ini, meskipun seseorang itu berhasil ke masa lalu.
Prof. Carlo Rovelli dari University of Marseille mendefinisikan bahwa waktu adalah jarak antara kejadian atau hanya seperti ruang yang memisahkan diantara tempat. Dicontohkan misalnya, segelas beberapa saat lalu panas, namun perginya kalor, dimasa depan kopi menjadi dingin. Dia berpendapat perubahan waktu setiap detik, menit dan jam hanyalah sebuah trik pikir. “ Sebenarnya waktu itu  abstrak (tidak ada) ” ujarnya. Untuk mengetahui rumusnya klik di sini.




^ Thank You For Reading It ^
(^ Mudah – mudahan Informasi ini Bermanfaat ^)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.