web widgets

Jumat, 12 April 2013

Pemukul Atom Terbesar


Mau@Tau,…?



 Pemukul Atom Terbesar


The Large Hadron Collidor (Pemukul Atom Besar).
Courtesy : www.bibliotecapleyades.net


   Telah dikembangkan pemukul atom terbesar atau yang disebut juga The Large Hadron Collidor (LHC) oleh CERN di bawah negara Swiss dan Perancis.
Proyek ini sedang dikontruksikan oleh ± 10.000 ilmuwan dari 100 negara di dunia yang berlangsung dari tahun 1998 hingga 2015 sebagai rencana akhir penyelesaiannya. Dan telah menghabiskan dana sekitar US$ 60 miliar. Mayoritas biaya tersebut ditanggung oleh negara - negara Uni Eropa dan 6 negara lain seperti Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Cina, Taiwan dan Kanada. 



  The Large Hadron Collidor merupakan sebuah mesin ruang-waktu raksasa penumbuk atom yang berdiameter 3,8 meter dengan total panjang 27 kilometer berbentuk lingkaran 50-175 m di bawah tanah. Di dalam terowongan tersebut dipasang pipa hampa udara dengan magnet berdaya super disekelilingnya. Super magnet sebanyak 1.232 buah ini berfungsi untuk membelokkan proton yang ditembakkan dari 2 arah yang berlawanan, dan bertumbukkan di satu titik untuk menghasilkan pecahan-pecahan partikel elementer. Tanpa medan magnet super, proton yang bermuatan tidak akan bisa dibelokkan agar tetap berada di lintasan yang berbentuk lingkaran tersebut. Pipa hampa udara diperlukan untuk menghilangkan kemungkinan interaksi proton dengan molekul gas yang akan ‘mengotori’ hasil pengamatan atas tumbukan kedua proton di detektor. 

   Hasil tumbukan proton-proton dari kedua arah tersebut akan ditangkap oleh detektor-detektor super beresolusi tinggi pada 4 grup eksperimen : CMS, ATLAS, ALICE dan LHCb. Empat grup eksperimen ini memiliki tujuan untuk melihat aspek yang hetrogen dari hasil tumbukan. Untuk menjalankan fasilitas semacam LHC diperlukan konsumsi energi yang luar biasa. Setidaknya untuk menjalankan cryogenics yang berfungsi sebagai pendingin supermagnet diperlukan listrik sebesar 27,5 MW. Sedangkan untuk detektor di empat grup eksperimen diperlukan total 22 MW. Daya listrik sebesar ini harus tersedia tanpa jeda selama eksperimen berlangsung. 

    Skala LHC juga ditunjukkan oleh sistem komputasi yang dipakai. Kebutuhan komputasi dengan kecepatan dan kapasitas raksasa di LHC merupakan pemicu utama pengembangan teknologi komputasi paralel berbasis GRID. 

    Mengapa LHC begitu penting dan berskala raksasa ? LHC ditargetkan untuk menguak misteri alam semesta melalui penemuan partikel elementer terakhir yang sejauh ini belum ditemukan keberadaannya. 


   Target eksperimen ini menjadi bagian dari grup CMS dan ATLAS. Berlawanan dengan teori partikel, LHC akan memberikan pijakan awal bagi teori astrofisika. Dengan skala energi yang bisa dicapai oleh LHC, untuk pertama kalinya manusia mampu mereproduksi proses terjadinya alam semesta sejak era Big Bang. Karena LHC mampu melihat plasma dengan suhu dan kepadatan tinggi yang dihasilkan dari tumbukan proton. Plasma ini merupakan keadaan dari alam semesta segera setelah big-bang sebelum kemudian mendingin dan membentuk struktur-struktur baru berbasis materi nuklir seperti kita kenal saat ini.
^ Thank You For Reading It ^
(^ Mudah – mudahan Informasi ini Bermanfaat ^)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.