web widgets

Jumat, 12 April 2013

Melihat Wajah Molekul dengan Sinar X


Mau@Tau,…?


Melihat Wajah Molekul dengan Sinar X


X-Ray

Kristalografi adalah cabang dari ilmu pengetahuan yang telah banyak menyumbangkan informasi mengenai struktur molekul. Informasi mengenai struktur molekul sangatlah berharga karena tanpa megetahui wajah si molekul kita tidak mungkin bisa melakukan apa-apa terhadap molekul tersebut. Misalnya, untuk membuat obat, kita perlu mengetahui bagaimana struktur si molekul yang menjadi biang keladi secara mendetail supaya kita dapat menentukan struktur molekul obat yang tepat untuk “menangkap” , atau tepatnya, mengikat struktur si molekul jahat.


 
Kita tidak mungkin dapat melihat sebuah atom dengan mikroskop apapun jika kita menggunakan cahaya biasa karena besar sebuah benda haruslah paling tdak separuh dari panjang gelombang cahaya yang dipakai untuk melihatnya. Sinar X yang panjang gelombangnya hanya 10-12 meter memungkinkan kita untuk masuk ke dunia molekuler. Gelombang sinar X yang mengenai sebuah benda akan terbelokkan dan gelombang yang terbelokkan ini akan saling berinteraksi. Gelombang-gelombang ini saling menguatkan dan saling meniadakan satu sama lain. Sehingga, bila diproyeksi ke sebuah layar akan tampaklah titik-titik, (dimana gelombang-gelombang saling menguatkan) dan selebihnya tidak terlihat apa-apa (dimana gelombang-gelombang saling meniadakan).
Jika sebuah kristal yang terdiri atas atom-atom yang tersusun rapi ditembak dengan sinar X, setiap atom yang ada akan membelokkan setiap gelombang sinar X yang mengenainya dan menghasilkan pola titik-titik yang dapat diartikan sebagai peta letak setiap atom dalam kristal tersebut. Kemudian, dengan rumus transformasi Fourier, titik-titik yang tampaknya tidak berarti ini kembali diubah menjadi kurva meliuk-liuk yang berlapis-lapis, yang disebut peta kepadatan elektron. Bentuk kurva inilah yang merupakan bentuk molekul yang kita selidiki. Rumus – rumus yang dipakai dalam krislografi mungkin sulit dan memusingkan. Namun sebenarnya, prinsipnya sesederhana permainan bayang-bayang di dinding dengan jari yang sering kita lakukan pada saat mati lampu.

^ Thank You For Reading It ^
(^ Mudah – mudahan Informasi ini Bermanfaat ^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.