web widgets

Rabu, 15 Juli 2015

Wujudkan Kalender Islam Yang Mapan

 
Courtesy : Alan Saumulandi Rosan

     MAU@TAU.COM – Beberapa hari lagi kita akan memasuki 1 Syawwal 1436 H. Oleh karena itu, tak terlepas juga dalam proses penentuannya melalui 2 metode yang terkenal hingga saat ini, yakni ” Hisab & Rukyatul Hilal “.
 
“ Berdasarkan analisis saya, melalui hisabul kontemporer dengan penggunaan aplikasi astronomi Accurate Hijr Calculator, pada saat pasca konjungsi di hari Kamis, 16 Juli 2015, hilal sudah dapat dilihat. Namun, kita tunggu proses Rukyatul Hilal-nya di seluruh titik pemantauan yang telah disepakati, di wilayah NKRI. Jika hilal dapat terlihat, maka 1 Syawal 1436 H akan jatuh pada hari Jum’at, 17 juli 2015. Namun, jika hilal tak dapat terlihat, maka 1 Syawwal 1436 H digenapkan ( isti’mal-kan ) menjadi 30 hari. Sehingga 1 Syawwal 1436 H akan jatuh pada hari Sabtu, 18 Juli 2015. Maka dari itu, konklusinya kita tunggu hasil dari sidang isbat-nya. Untuk mewujudkan Kalender Islam Yang Mapan, saya sepakat dari substansi yang terdapat dalam dokumentasi pak Thomas Djamaluddin “ ujar Alan Saumulandi Rosan ( Astronom Amatir asal Rancah – Ciamis – Jawa Barat ).
  
Menurut Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, M.Sc, (Ketua Lembaga Penerbangan & Antariksa Nasional saat ini), untuk mewujudkan kalender islam yang mapan, terdapat 3 syarat yang mesti dipenuhi :
    ·         Terdapat wilayah yang disepakati (Wilayah NKRI).
    ·         Terdapat otoritas tunggal yang kuat & berwenang (Pemerintah NKRI).
    ·         Terdapat satu kriteria tunggal yang telah disepakati.

     “ Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan NKRI kita. Oleh karena itu, kita harus melestarikan dan mengamalkan substansi dari semboyan tersebut, melalui sikap saling menghormati dan non-diskriminasi “ ujar Alan Saumulandi Rosan.

Menurutku, peranan teknologi tepat guna sangat urgent. Teknologi tepat guna adalah teknologi yang dapat dimanfa’atkan untuk hal positif, misalnya penggunaan aplikasi astronomi dalam hisabul hilal. Aplikasi astronomi yang dapat digunakan dan sering digunakan oleh astronomers adalah Stellarium, Cartes du Ciel, Celestia, dan lain-lain.

Berikut gambaran terkait aplikasi astronomi yang bernama “ Accurate Hijr Calculator “, dibuat oleh Abdurra’uf ( Alumni Mahasiswa Universitas Brawijaya, yang sekarang melanjutkan studi-nya di Jepang ) =>




Courtesy :  Abdurr'auf.


       Dengan demikian, penulis mengucapkan ” Selamat Hari Raya Idul Fitri : 1 Syawwal 1436 H, Mohon Ma’af Lahir & Batin “.


Referensi  :

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Saudara.